Selasa, 10 Januari 2017

Tips Agar Bisa Membeli Buku Tiap Bulan Bagi Anak Kosan



via tahuberita.com


Ke manapun kita, pasti bakal nemuin yang namanya buku. Entah itu buku pelajaran, novel, atau bahkan buku tagihan. Tapi bukan buku yang terkahir yang saya maksud. Saya cuma pengen berbagi tips bagi kalian yang suka membeli buku, *walaujarangbacasih* terlebih, mayoritas anak kosan adalah dari kalangan mahasiswa yang kehidupannya ngga jauh-jauh dari buku. Terkecuali kalau kamu mahasiswa yang kerjaannya naik gunung tiap hari. Soalnya dia lebih butuh bahan baku daripada buku. Cekidot….

1.     Sisihkan Uang Logam
Walau sepele dan sering dianggap tiada walau wujudnya ada, kayak mantan yang tak ingin kamu ingat lagi, uang logam yang bernilai ratusan sampai satu ribu perak sangatlah berharga. Jangan disia-siakan. Saya sendiri pernah menyisihkan uang logam yang saya dapatkan dari kembalian pas belanja, dan pas saya totalin, bisa buat beli satu buku lah setiap bulannya. Bahkan bisa lebih. Tergantung berapa banyaknya.

2.     Satu Ribu = Satu Hari
Jika kamu jarang punya uang logam, langkah nomor dua lebih mudah. Iyak! Cuma satu ribu perhari, dikali 30. Hasilnya 30 ribu. 30 ribu bisa beli satu buku. Langkah nomor dua ini lebih mudah. Sisihkan uang belanjamu 1 ribu perharinya. Kalau bisa, lebih banyak yang kamu sisihkan maka hasilnya pun lebih baik lagi. Bahkan, kalau bisa, satu juta perhari, bayangkan, dikali 30 sama dengan 30 juta. Kamu bisa borong lapaknya juga! Tapi ini sesat. Jangan ditiru. Satu atau dua ribu saya rasa sudah cukup.

3.     Hadiahi Diri
Kamu pernah dapat rizki lebih ngga? Sudah pasti. Karena tiap hari kita diberi rizki oleh Tuhan YME. Tapi bukan rizki berupa nikmatnya bernapas, berjalan, atau nikmatnya mengingat ‘mantan’ yang saya maksud. Melainkan rizki berupa material. Misalkan hari ini kamu dapat rizki menjadi juara satu di kelas. Hadiahi dirimu sendiri dengan membeli satu atau dua buah buku. Dengan begitu, apa yang sudah kamu dapatkan (menjadi juara), ditambah lagi dengan kebahagian berupa buku bacaan. Bahagianya double!
Banyak cara menghadiahi diri sendiri. Bukan pas mendapatkan rizki berupa materi saja, tapi kenikmatan-kenikmatan yang sering kita abaikan selama ini.

4.     Uang Jajan Satu Bulan = Satu Buah Buku Bacaan
Pernah kepikiran gini nggak? Bagi anak kosan yang dikirimi uang perbulan, coba tekadkan diri, di setiap uang jajan perbulan itu, ada satu buku yang wajib kamu miliki. Kalau uang jajan 10 juta perbulan, 10 buah buku saya rasa cukup banyak untuk dibaca setiap bulannya. Cobalah!

5.     Cari Info Bazar dan Lainnya
Dari poin satu sampai empat, ini hanya saran agar buku yang kalian beli lebih banyak dan terjangkau tentunya. Cari info bazar, pameran, diskon, atau lainnya. Bekal setengah bulan pun bisa dipakai buat beli buku.

6.     Hapa Hayo?
Karena ini hanya tips, kamu juga bisa membuat tips kayak gini. Tergantung bagaimana cara orang mendapatkannya. Sama halnya dengan nembak cewek. Beda cara yang penting pada akhirnya bersama. Bukannya gitu, toh? Tips-tips di atas mirip-mirip, tapi beda langkah dan caranya. So, mari membuat tips sendiri-sendiri. Dan yang lebih penting dari itu semua bukan pada banyaknya buku, tapi pada banyaknya membaca. Sekian. Wasalllam… J


Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Agar Bisa Membeli Buku Tiap Bulan Bagi Anak Kosan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
11 Januari 2017 20.02

Sebenernya bagus sih kalo sejuta sehari.


…nggg. bingung gue ngelanjutinnya, pengen berkata kasar aja.

Reply