Selasa, 13 September 2016

Workshop dan Jumpa Blogger #WonderfulLombokSumbawa





“Kata orang, lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Kata mantan, lupain aku dan cari yang lain. Kata pacar, jangan ingat-ingat mantan lagi!”

Oke, baik teman-teman yang super. Sabtu lalu, dalam rangka Bulan Budaya yang digagas oleh Pemprov. NTB, salah satu acara yakni temu blogger dalam rangka mempromosikan Lombok Sumbawa akhirnya digelar. Bertempat di Hotel Santika Mataram. Pemerintah dalam hal ini menggandeng kawan-kawan blogger, pegiat media sosial, backpacker, komunitas-komunitas peduli sosial, dan lainnya. 

Adapun tema meet up ini yakni “Bagaimana Memaksimalkan Blog untuk Promosi Pariwisata Lombok Sumbawa.” Dimana, pembicaranya adalah Mas Yusran Darmawan, blogger kece yang udah keliling Indonesia, ada juga Mbak Jhe, Dosen Ilmu Komunikasi Unram, dan juga turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, H. Lalu Moh. Faozal, S.Sos, M.Si.

Dalam pertemuan santai ini, pemerintah bermaksud merangkul kawan-kawan blogger dan lainnya untuk ikut serta mempromosikan Wisata Lombok Sumbawa. Bagaimanapun juga, aktivis media sosial adalah orang yang berperan penting menyebarkan dan mempromosikan Lombok. Hanya dengan satu jari, semua berita bisa tersebar.

Kawan-kawan yang hadir di acara temu blogger ini emang kece! Sumpah! Saya minder dibuat mereka. Berlatarbelakang bermacam-maccam dan hebat semua. Kalau saja mental saya ngga kuat, saya bakal tutup muka. Hanya saja saya tahu, setelah tutup muka pun, muka saya ngga bakalan berubah. Bakal tetap kayak itu-itu aja.

Pertemuan ini pula menjadi ajang sharing bagi pegiat media sosial, blogger, penulis, dalam banyak hal terutama dalam membuat konten yang menarik di blog, memaksimalkan blog, atau permasalahan pariwisata-pariwisata dan lainnya.

NEXT…..

Lalu, bagaimana cara membuat postingan yang menarik di blog?

Berikut saya catatkan dari materi yang saya dapatkan dari Mas Yusran. Oh ya, kalau mau main, sila main-main ke blog beliau yang ini. KLIK YANG INI.

Berikut konten yang seharusnya kamu tulis di blog. Pilih mana yang menurut kamu bisa kamu buat. Entah itu menulis review buku-buku pemberian mantan, wawancara dengan mantan, Tanya jawab seputar asmara, perjalanan ke nikahan mantan di negeri seberang, atau bagaimana cara mempromosikan mantan yang baik dan benar.

Ini ke-sepuluh konten tersebut.

1.      Steal ‘Em’
2.      Writing Contest
3.      Book Review
4.      Top Ten List
5.      Quotes
6.      Interview
7.      How To?
8.      Share Travels
9.      Guest Post
10.   Answer Questions

Karena google sudah pintar tanpa disekolahkan, silakan cari maksud ke-sepuluh poin di atas.
Demikian yang bisa saya tulis. Dan pertemuan selanjutnya dari serangkaian acara temu blogger ini akan dilanjutkan Sabtu depan. Camping di Gili Kedis. Yeayh!!!

Mari kita membicarakan hal-hal yang kita susun bersama. Dan eksekusi dengan segera. Sukses atau tidaknya urusan belakang, yang penting sudah bekerja, berdoa’, dan berusaha semaksial. Dan paragraf terakhir ini dibuat semata agar postingan blog ini tampak panjang.

Wasallaam.


Bagikan

Jangan lewatkan

Workshop dan Jumpa Blogger #WonderfulLombokSumbawa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

17 komentar

Tulis komentar
avatar
14 September 2016 16.11

hmmmm....mempromosikan tempat wisata lombok iya, kalo di lampung nggk ada, kalo ada gue pasti udah ikutan.

btw, gue nggk ngerti maksud 10 poin diatas

Reply
avatar
14 September 2016 16.36

Enak nih yg bisa kopdar, bisa saling berbagi ilmu hehe. Ayo yg palembang gimana nih, kapan kopdar wkwk

Reply
avatar
14 September 2016 21.45

Enak banget bisa ketemuan bareng. Gue jadi pengen, tapi kok gak ada yang ajak gue ya. Haha

Eh iya, semoga gue bisa jalan2 ke lombok ya. Aamiin

Reply
avatar
15 September 2016 00.25

Waah enak juga yak pemerintah sana sampe memperhatikan para blogger, sampe2 di buat meet up gitu. Semoga di daerah gue ada acara macam gini nih. Seru pasti.

Reply
avatar
15 September 2016 01.54

Aiiissshhhh serunyaaa....
Kopdar sama sesama blogger, difasilitasi pemerintah, dapet ilmu dan pengalaman pula.
Mantab... (y)

Btw, bikin uraian singkat tentang 10 tema konten yg kamu singgung2 di atas itu doonng.
Secara sekilas sih (mungkin) paham.
Tapi lebih seru dan bermanfaat (aamin) kalau kamu jelasin juga.
Biar kita yg gak dateng ke acaranya bisa ketularan dapet ilmu juga.
Hehehe... :)

Reply
avatar
15 September 2016 06.38

mantep , keren pemprov ikut ngedukung kegiatan blogger di Nusa Tenggara Barat.Padahal , di NTB itu banyak banget tempat wisata yang bisa di share di blog kan ? sayangnya gue belum pernah ke sana sih :/ . Coba kalo pernah , pasti banyak banget yang bisa gue ceritain di blog tuh :)

Ditungggu kopdar selanjutnya :D .

Reply
avatar
15 September 2016 08.32

Apaa? Mas Yusran Darmawan? Penulis buku Kopi Sumatera Di Amerika itu emang jago dalam dunia tulis menulis blog di kompasiana. Gue merekomendasikan buku tersebut kepada kalian, sungguh pendapat-pendapat mas Yusran dalam buku tersebut dikemas sangat apik, gara-gara dia gue jadi ngebet banget lah untuk bisa ke Amerika.

Dari yang sepuluh diatas, gue baru ngelaksanain Book Review :(

Reply
avatar
15 September 2016 10.59

Keren nih pemprovnya melek, ngajak pegiat media sosial untuk bantu promosiin pariwisatanya. Win win solution. Daerah wisatanya terangkat, pegiat medsosnya banyak dapet gratisan haha

Reply
avatar
15 September 2016 11.14

Ya ampun, ntah kenapa aku ngiri banget karena pemprov NTB care banget sama budaya dan menggaet banyak orang, para blogger salah satunya. Emang sih, menurutku zaman sekarang tuh, blogger, backpacker dan komunitas-komunitas sosial lain bisa jadi media promosi yang baik. Secara ya, apalagi kalo viewer dari blog si blogger itu udah ratusan ribu. Dia udah hits. Duh, dijamin deh pasti gampang buat menarik minat wisatawan.

Tapi bener kayak Fitri, kamu bisa bikin rincian singkat tentang poin-poin itu dengan bahasa yang ringan dan gampang dimengerti. Di google mungkin banyak, tapi belum tentu juga mudah dimengerti. Kayak kode dari gebetan gitu :D

Reply
avatar
15 September 2016 16.30

Asik nih bisa kopdar sekaligus membahas pemanfaatan blog sebagai sarana promosi wisata di Lombok.
Emang blog sangat penting banget buat naikin jumlah wisatawan, apalagi Lombok emang udah keren banget pemandangan alamnya.

Reply
avatar
15 September 2016 17.55

Wih seru nih ketemu blogger kece, tumben-tumbenan juga ada acara kumpul pegiat sosial gini, apalagi ada bloggernya gini, by the way, poin-poinnya itu masih bingung mas hehehe.. maklum blogger baru.

Reply
avatar
16 September 2016 20.13

salah satu strategi promosi pariwisata memang sangat bisa melalui blog maupun competisi menulis.. keren ya blogger sumbawa. pasti seru banget tuh

Reply
avatar
17 September 2016 06.08

weh kalau kata gue sih mending ga sama sekali daripada telat wkekek gue aneh mah pemikirannya.

btw enak ya itnggal di lombok, jalan kemana mana pemandangannya bagussss hehe

Reply
avatar
17 September 2016 16.10

Gaul ya bisa kepikiran ngajak para blogger buat rame2 promoin Lombok. Bener juga tuh pasti, semakin banyak blogger yang nulis makin populer juga karena bertebaran di internet. Tapi gak usah dipromoin orang2 juga tau kalo Lombok itu keren~

Masalah latar belakang blogger yang hadir gak usah minder lah, namanya juga sama2 sharing.. Yang penting tujuannya sama~

Reply
avatar
17 September 2016 21.33

Acara kayak begitu kayaknya bakal bermanfaat banget bagi para blogger yang tergabung disana. selain bisa bertukar ilmu, juga bisa bertegur sapa sesama blogger. baguslah, niat pemprov merangkul blogger-blogger untuk mempromosikan lombok dan sumbawa memang cara yang paing tepat.

Reply
avatar
19 September 2016 11.30

Setuuju sih kalau blog dijadikan sebagai wadah untuk mensosialisasikan pariwisata, apalagi sekarang medsos lagi gencar-gencarnya. Seru ya bisa bareng sama komunitas keren gitu, kalau aku pasti selain senang juga nambah ilmu dan teman,
Oh itu ya yg bisa membuat postingan bagus, ada beberapa istilah yg ga aku mengerti, tapi ada mbah google iyeeee hehee

Reply