Sabtu, 13 Februari 2016

Enam Valentine di Pesantren




Sebenarnya saya sedikit pusing dengan pemberitaan media akhir-akhir ini. Berawal dari Bom Sarinah yang diklaim ISIS salah terror, Jessica yang salah kaprah membedakan mana susu mana sianida, kasus LGBT yang menuai pro dan kontra. Eh, ada satu lagi “Valentine Day.”

Hm.., oke, saya mau curhat dikit. Saya mondok enam tahun di pesantren. Sejak masuk tahun 2007 – 2013. Sudah enam kali valentine yang saya lewati. Alhamdulillah, saya tidak pernah ngelakuin hal-hal yang katanya ‘merugikan’ bagi anak muda zaman sekarang. Ada yang bilang sex bebas lah, terjun bebas, atau bebas-bebas yang lain.

Bukan sombong loh ya. Ya emang gitu. Tapi, kalau kalian merasa saya sedikit menyombongkan diri, ya sudahlah ya. Cowok emang selalu salah.

Valentine day, sering disebut hari kasih sayang. Selain hari itu, tidak kasih sayang. Eh, gitu ngga sih?

Tadi, saya mencari tanggal-tanggal 14 Februari dalam kurun enam tahun saya mondok. Dan hasilnya seperti ini :


·         14 Februari 2008 : Ini tahun pertama
saya di pesantren. Saya masih MTs. Masih lugu dan sering menangis di pojokan kamar asrama. Nunggu kedatangan orangtua yang tak kunjung datang. Kebetulan, tanggal 14 Februari di tahun ini bertepatan dengan hari Jumat. Jadi, valentine tahun ini saya habiskan dengan menangis di pojokan kamar. Mana kasih sayangnya?

·         14 Februari 2009 : Ini pun saya masih Mts. Jerawat saya muncul di usia yang masih belia ini. Pun dengan kudis-kudis yang mengganggu. 14 Februari kali ini jatuh pada hari Minggu. Dan di hari Minggu kami tidak libur. Malamnya, kami dzikir 1000 kali. Yak, saya ngga bohong. Minggu malam memang ada kegiatan dzikir seribu kali. Valentine tahun ini saya dzikiran. 


Reka Adegan yang Salah ( doc pribadi )


·         14 Februari 2010 : Saya sudah kelas 3 MTs. Persiapan untuk UN MTs. Dan valentine jatuh pada hari Senin. Yak! Senin, satu hari setelah dzikiran masal.

·         14 Feruari 2011 : Saya memutuskan diri untuk melanjutkan mondok di pondok pesantren saya pas MTs. Tahun ini saya sudah kelas 1 MA. SMAN tapi versi syariahnya. Eh, lagi-lagi valentine tahun ini bertepatan dengan hari Senin. Dan hari Senin saya upacara bendera. Valentine tahun ini saya mengheningkan cipta sambil mendoakan pahlawan yang gugur di medan pertempuran.


Sebelum Mendoakan Pahlawan ( doc pribadi )


·         14 Februari 2012 : Udah kelas 2 MA. Dan saya sedang jatuh cinta sama teman sekelas saya. Cewek kok! Sumpah! 14 Februari 2012 jatuh pada hari Minggu. Yak, hari Minggu kelas 2 MA saya ada jadwal olah raga. Dan waktu main bola di lapangan, saya dikejar Ustadz. Pun dengan teman-teman saya yang lain. Gara-gara saya pakai celana pendek. Ustadz tahu cara menyayanyi kita. Beliau takut kami mengumbar aurat.

·         14 Februari 2013 : Tinggal beberapa bulan di tahun ini saya akan lulus. Dan valentine tahun 2013 jatuh pada hari Jumat. Tapi bukan kedatangan orantua yang saya tunggu. Karena orangtua sudah jarang menjenguk. Yaiyalah! Kan udah gede semua. Hari Jumat kali ini saya sedih. Sebab harus mencuci pakaian yang bertumpuk. Udah gitu, ngga sempat nonton televisi gara-gara Pak Usadz sedang ngga ada di rumahnya. Apes lah! Eh, satu lagi. Bekal saya habis!

Jadi, valentine day menurutmu apa?
Hari kasih sayang? Saya sih ngga. Menurut saya, valentine itu hari yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Dan itu hari ulang tahunnya Hadi Kurniawan. Gitu aja sih. Eh, sama aja ya? Maaf.  



Bagikan

Jangan lewatkan

Enam Valentine di Pesantren
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

6 komentar

Tulis komentar
avatar
13 Februari 2016 10.14

Ngakak :D :D
Kasih sayangnya dimana? :p

Reply
avatar
13 Februari 2016 14.07

Palentin apaan yah? Tahunya saya lebaran aja, bakal banyak makanan sama dapet duit jajan. Hahaha..

Reply
avatar
13 Februari 2016 15.05

Jadi inget dulu pernah pesantren 1 tahun doang wkwk.

Reply
avatar
13 Februari 2016 20.50

Menurut saya.. Hari libur bang!! Besok minggu soalny hahaha XD

Reply
avatar
14 Februari 2016 06.02

Palentin ya. Gue kalo pale entin di rumah aja. Males aja malem palentin main keluar. Niatnya cari makan di warung nasi kucing, malah kena ciduk aparat kan gawat. Gara-gara diwarung itu gue jilatin paha ayam. :D

Reply
avatar
14 Februari 2016 13.19

Valentine nggak pernah ngaruh di hidup aku sih. Aku bahkan lupa valentine dari tahun ke tahun gimana haha. Dulu sempet dikasih cokelat. Tapi aku bukan mau ngerayain, cuma sayang aja kalo cokelatnya nggak diterima. Cadburry dan toblerone sih....

Hebat ya kamu masih inget tiap tanggal 14 Februari dari beberapa tahun lalu. Apalagi yang dikejar ustadz gara-gara pake celana pendek. Kocak banget. Dibayanganku ustadz-nya pake sarung terus lari-lari ngejar kamu hahaha. Ternyata kehidupan pesantren nggak semembosankan pemikiran banyak orang ya...

Reply