Selasa, 23 Februari 2016

Hal-Hal yang Orang Lain Jarang Bisa Ngelakuinnya, Tapi Anak Pesantren Bisa





Tuhan menyamaratakan hamba-Nya. Setiap hamba-Nya pasti memliki kelebihan dan kekurangan. Walaupun, sisi kelebihan yang dimiliki berbeda, tapi, percayalah, setiap diri kita ini memiliki sisi kelebihan yang berlimpah jika kita mampu mengeksplorasikannya.

Pernah lihat anak pesantren yang kalau pulang sakit, tetiba sampai rumah sehat? Kalau belum pernah, saya kasih contoh :

Setiap kali saya sakit dan minta dijemput Bapak, ketika tiba di rumah, tetiba sakitnya hilang. Tentu, ini berlaku untuk sakit biasa macam mencret berdahak, atau lainnya. Tak berlaku untuk sakit keras macam hepatitis dan sejenisnya. Kenapa hepatitis? Sebab, menjelang UN waktu saya masih MTs, seorang dokter pernah menyatakan saya kena penyakit hepatitis. Walau saya tak tahu itu masuk hepatitis A, B, atau C. Jangan D lah ya, takutnya ngulang di semester berikutnya. #IYKWIM


Berikut hal-hal aneh menurut saya, yang jarang bisa dilakukan orang lain. Kalaupun ada, mungkin tak banyak. Oke, berikut poin-poinnya :

Duduk Membungkuk Tidur dalam Waktu Lama



Biasanya, ini pas santri pada kegiatan baca kitab. Kondisi duduk dengan badan membungkuk bisa dilakukan sejak kegiatan dimulai sampai selesai. Ini bungkuknya sambil tidur loh ya. Dan jarang sekali orang lain yang bisa melakukannya.

Mencuci Pakian 1 * 24 Jam



Cuci pakaian? Pagi, siang, sore, petang, atau malam? mari! Kalau bisa dini hari sekalipun. Asal ada air, detergen, dan juga sikat cuci. Karena kalau mesi cuci ngga diperbolehkan.
Ini jarang ngga sih yang bisa? Atau malah udah biasa.

Tidur Everywhere


Tidur Varokah via seputarsulawesi.com

Yang namanya ngantuk ya harus tidur. Ngantuk di Masjid, tidur di Masjid. Ngantuk di tempat rental PS (Ini buat Santri yang sering ngerental), ya tidur di sana. Di kelas, ngga peduli dilihat lawan jenis (santriwati), ya tidur. Aku ngantuk, maka Aku harus tidur.  Tapi, selama ini, belum ada yang tidur di pangkuan Ustadz.

Kehilangan Adalah Hal Biasa yang Tak Perlu Dipikirin



Kalian pernah kehilangan barang berharga? Ya, pasti pernah. Pacar contohnya. Eh, pacar itu barang ngga sih? Hmm, abaikan.

Kehilangan sendal tiga kali dalam kurun waktu satu bulan udah biasa. Kehilangan pasta gigi yang baru dipakai satu kali udah biasa. Tapi, yang jarang, kehilangan kitab sih. Aneh kan?
Intinya, jarang di luar santri yang bisa merelakan hal yang baru saja dimilikinya lenyap begitu saja. Bukan begitu? Cara menerima nasib berbeda.

___

Terakhir, biarin kosong lah ya. Ini khusus buat kalian. Menurut kalian, hal apa saja yang bisa dilakukan anak pesantren, tapi jarang orang di luar pesantren yang bisa melakukan hal tersebut. Silakan, diisi di komentar. Kalau belum pernah liat, bisa dikarang-karang lah ya. Toh, orangtua kita masing-masing sedari awal membuat kita ngarang kok. Ngga mungkin udah terbayang wajah dulu daripada melakukan sunnah Rasul tersebut.
 Silakan...
  




Bagikan

Jangan lewatkan

Hal-Hal yang Orang Lain Jarang Bisa Ngelakuinnya, Tapi Anak Pesantren Bisa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

6 komentar

Tulis komentar
avatar
23 Februari 2016 23.27

Aduh, kelakuan anak pesantren gitu amat yak ternyata hahahaa

Reply
avatar
24 Februari 2016 04.19

Kalo tidur saya juga bisa sob
Apalagi pas ngantuk
Hawanya pengen tidur
Beneran loh

Reply
avatar
24 Februari 2016 08.39

hm... apa ya? anak santri cewek selalu gantian nyiapin makan buanyak buat temen2nya? betul nggak?

Reply
avatar
3 Maret 2016 01.12

eh kok nyuci baju sesering itu? emang bajunya gimana apa cepet kotor apa gimana. serem juga yak...

kalo soal tidur duduk membungkuk gitu, wah gue pernah tp gak pernyah nyenyak. hebat lah anak pesntren kalo bisa tidur sampe nyenyak

Reply
avatar
3 Maret 2016 15.29

Poin yang terakhir haha kehilangan jadi hal yang biasa duh kasian -__-

Reply
avatar
14 Maret 2016 11.58

Memang anak pesantren itu beda dari yang lain walaupun sederhana tapi rasanya seru dan nikmat.

Reply